5 Transportasi yang dapat Digunakan pada saat liburan di Taiwan
19-12-2019
HIS Travel
5 Transportasi yang dapat Digunakan pada saat liburan di Taiwan
City Travel
Sebarkan Artikel

Selain negara – negara Asia yang terkenal untuk dijadikan lokasi berlibur, seperti Jepang dan Korea, ternyata tak sedikit pula yang mengidolakan Taiwan sebagai negara berlibur. Tak mengherankan, mengingat Taiwan merupakan negara maju dengan banyak gedung pencakar langit yang indah. Disamping itu, negara subtropis ini juga memiliki alam yang begitu memukau.

Apalagi, setelah munculnya boyband yang beranggotakan empat pria tampan, F4, terkenal di tahun 2000-an, semakin banyak orang yang ingin berkunjung ke Taiwan. Hingga sekarang, negara dengan ibukota Taipei ini masih menjadi idola banyak wisatawan, termasuk juga wisatawan Indonesia.

Meski begitu, beberapa wisatawan muslim masih merasa ragu untuk ke Taiwan. Hal ini dikarenakan Taiwan bukanlah negara Islam. Tidak perlu khawatir, karena kamu pun akan aman dan nyaman berwisata alam muslim di Taiwan.

Taiwan kini sudah menjelma menjadi negara wisata yang muslim friendly. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian terbaru dari “Crescent Rating – Index Wisata Muslim Global” yang dilakukan oleh Mastercard pada tahun 2019. Dari hasil penilaian didapatkan bahwa Taiwan mendapatkan peringkat k-3 untuk destinasi wisata terbaik dalam organisasi non-muslim. Bahkan, Taiwan berhasil mengalahkan Australia, Jerman, dan Amerika.

Sebagai ibukota Taiwan, Taipei ingin menjadikan kotanya sebagai kota muslim friendly. Hal ini didukung dengan sudah banyaknya restoran yang menyediakan makanan halal. Selain itu, penginapan ramah muslim pun banyak tersedia. Dan tentunya, masjid – masjid besar yang ada di Taipei pun dapat dikunjungi dengan mudah.

Untuk menjangkau tempat – tempat wisata tersebut, tentu kamu membutuhkan sarana transportasi yang mumpuni karena tidak semua lokasinya berdekatan. Beruntunglah, Taiwan merupakan negara yang memiliki sarana transportasi umum yang baik. Berteknologi tinggi dan nyaman dinaiki. Lalu, apa saja sarana transportasi tersebut?

Inilah 5 transportasi yang dapat digunakan traveller  di Taiwan:

  1. Taiwan High Speed Rail

 

Image source: kkday

Kamu pasti tahu kereta Shinkansen Jepang, bukan? Nah, Taiwan High Speed Rail (THSR) tidak jauh berbeda dengan Shinkansen. THSR merupakan kereta cepat yang menghubungkan antara berbagai kota di Taiwan bagian barat. Transportasi ini juga termasuk transportasi paling banyak digunakan di Taiwan, baik wisatawan maupun warga Taiwan sendiri.

Cepatnya kereta ini bahkan dapat menembuh jarak 345 km dengan waktu kurang lebih hanya 1,5 jam saja. Tentu akan sangat menghemat waktu perjalanan, apalagi untuk kamu yang memiliki waktu liburan yang singkat.

Untuk menikmati transportasi ini, kamu membutuhkan THSR Tourist Pass. Harga tiket yang ditetapkan juga berdasarkan jauh dekatnya jarak tempuh. Dan lebih menyenangkan lagi, THSR beroperasi lebih dari 12 jam, yaitu dari pukul 6 pagi hingga 12 malam.

2. Kereta Api Cepat, Kereta Api Biasa, MRT, dan Metro Taiwan

Image source: topics

Selain THSR, di Taiwan juga memiliki kereta api yang dibedakan menjadi kereta api cepat dan kereta api biasa. Kereta api cepat hanya melalui jalur barat, yang mana jalur ini adalah pusat keramaian Taiwan. Sementara untuk rute kereta biasa, melewati hampir seluruh wilayah di Taiwan.

Berbeda dengan THSR yang beroperasi hanya 18 jam, kereta api cepat beroperasi 24 jam. Kereta ini melayani rute perjalanan jauh. Sementara kereta api biasa hanya melayani rute perjalanan dekat.

Fasilitas yang dimiliki kereta api cepat dan kereta api biasa pun tidak jauh berbeda. Yang membedakan hanya durasi waktu tempuhnya saja, dimana kereta api biasa waktu tempuhnya lebih lama.

Selain kereta api cepat dan biasa, Taiwan juga memiliki MRT. MRT menjadi sarana transportasi umum utama, baik warna lokal maupun wisatawan. Di kota besar Taipei ini, tersedia lima jalur utama dan dua jalur tambahan. Dimana jalur – jalur ini melewati tempat – tempat penting di Taipei, seperti universitas dan museum nasional. Sehingga sangat memudahkan wisatawan untuk menjangkau tempat wisata.

Jadwal kedatangan MRT pun hanya berselang menit, yaitu sekitar 2 – 15 menit sekali. Ada beberapa jenis tiket MRT, dimana kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Seperti single ticket, group tickets, serta paket – paket tiket yang memudahkan kamu mengunjungi berbagai lokasi terkenal di Taiwan.

3. Transportasi Bus di Taiwan

Image source: taiwannews

Semua tempat di seluruh negara tentunya memiliki sarana transportasi bus, tak terkecuali dengan Taiwan. Di Taiwan terdapat tiga jenis bus, yaitu intercity bus, bus pariwisata, dan double decker bus. Kamu bisa menggunakan intercity bus  jika daftar lokasi wisata yang akan kamu kunjungi dilewati oleh bus ini. Asyiknya, bus ini beroperasi selama 24 jam. Sebaiknya, gunakan bus dengan izin resmi seperti Kuo-Kuang atau Ubus.

Sementara untuk wisatawan asing, kamu dapat menggunakan double decker bus. Bus ini memang disediakan oleh pemerintah Taiwan khusus untuk wisatawan asing, yang mana terdapat dua bus yang memiliki jadwal khusus berkeliling tempat wisata.

4. Naik Taksi atau Sewa Mobil

Image source: Forums

Naik kereta atau bus tentu membuat kamu harus mematuhi jadwal keberangkatan supaya tidak terlambat. Terlambat sedikit saja, jadwal wisatamu menjadi berantakan. Solusinya, kamu dapat menggunakan taksi sebagai alat transportasi. Taksi di sini berwarna kuning, dan memiliki tarif berbeda di setiap daerah. Tapi, kebanyakan sopir taksi di Taiwan tidak dapat berbahasa Inggris, jadi sediakan kamus atau nama tempat wisata tujuan untuk ditunjukkan pada sopir.

Jika kamu ingin ke objek wisata yang tidak bisa dijangkau dengan bus atau kereta, kamu juga dapat menyewa mobil, tentu waktunya lebih fleksibel. Kamu dapat menyewa mobil di bandara atau stasiun dan yang lebih penting, kamu harus memiliki SIM internasional. Jika tidak memiliki, kamu dapat menyewa mobil sekaligus sopirnya.

5. Menjelajah Kota dengan Sepeda

Image source: Adventure

Untuk kamu yang ingin menikmati kota di Taiwan, kamu dapat berkeliling dengan sepeda. Tentu akan ada sensasi seru berkeliling dengan sepeda. Terlebih, kamu dapat mampir mencicipi jajanan kaki lima yang kamu lewati jika berkeliling dengan sepeda.

Seru kan wisata di Taiwan? Transportasi umum pun mudah ditemui dan digunakan, serta nyaman bagi wisatawan. Tunggu apa lagi? Wisata ke Taiwan bersama H.I.S Travel Indonesia sekarang yuk!

Sebarkan Artikel