Wisata Burj Khalifa Dubai
24-04-2019
HIS Travel
Wisata Burj Khalifa Dubai
City Travel
Sebarkan Artikel

Travel Mates pastinya tahu Dubai, kan? Dubai saat ini merupakan satu kota metropolis di Uni Emirat Arab. Sebagai negara Timur Tengah, Uni Emirat Arab ini negara yang memiliki tatanan layaknya Mesir atau Saudi Arabia. Seperti kebanyakan negara Timur Tengah, bayangan Travel Mates akan negara Uni Emirat Arab ini pastinya daerah yang memiliki tanah tandus dan tidak punya hal menarik. Mungkin bayanganmu tersebut benar, tapi itu di 10 tahun atau 20 tahun yang lalu. Karena faktanya negara Uni Emirat Arab saat ini adalah negara yang sangat berbeda jika dibandingka 10 atau 20 tahun yang lalu. Apalagi jika dibandingkan dengan kemajuan negara-negara Timur tengah lainnya. Karena negara yang satu ini punya gedung tertinggi yang bisa bikin Travel Mates kagum akan kemajuannya!


Bicara Dubai rasanya tidak sah kalu tidak berbicara tentang gedung-gedung yang super raksasa dan megahnya. Salah satu yang paling terkenal adalah Burj of Khalifa. Bangunan setinggi 163 lantai dan memiliki tinggi 828 meter ini telah menjadi ikon dari Dubai dan Uni Emirat Arab. Burj Khalifa tentu akan menjadi daya tarik Travel Mates jika kamu sedang melancong ke negara Timur Tengah ini. Bangunan yang telah diresmikan pada 4 Januari 2010 silam tersebut telah dilabeli sebagai bangunan tertinggi di dunia. Bahkan juga mendapatkan penghargaan sebagai jumlah lantai terbanyak. 


Tahu kah Travel Mates, gedung tertinggi di dunia ini awalnya bernama Burj of Dubai, lalu direnovasi oleh Sheik Khalifa bin Zayed Al Nahayan, dan untuk menghormati Presiden Uni Emirat Arab tersebut namanya menjadi Burj of Khalifa. Desainer Giorgio Armani dipercaya sebagai tim desainnya saat itu. Perkiraan biaya yang dihabiskan dalam pembangunan gedung tertinggi ini pun sekitar 15 trilyun rupiah.


Mungkin Travel Mates akan bertanya-tanya, gedung setinggi 828 meter ini memiliki lift yang seperti apa. Betul? Salah satu fitur terhebat yang dimiliki Burj of Khalifa ini adalah fitur lift angkutnya. Lift gedung tertinggi di dunia ini memiliki kecepatan 60km/jam. Dengan kecepatan yang dimiliki tersebut, Travel Mates hanya membutuhkan waktu 50 detik untuk mencapai lantai tertinggi.


Lalu ada hal apa saja yang membuat gedung ini menjadi sangat spesial di mata dunia? yuk simak di bawah ini!

Desain Burj Khalifa
Mungkin Travel Mates bertanya-tanya, mengapa bentuk gedung Burj Khalifa tidak seperti kebanyakan gedung pencakar langit lainnya. Desain gedung ini merupakan abstraksi dari bunga Hymenocallis, yaitu salah satu jenis bunga bakung atau Amaryllidaceae. Menaranya meruncing ke atas, kelopaknya mengupas beberapa bagian, dan akhirnya benang sari baja tunggal menjulang.
Burj Khalifa sendiri juga dirancangan dengan pengaruh Timur Tengah, dengan pola-pola dan arsitektur tradisional. Seperti kisi-kisi jendela mashrabiya yang menyaring sinar matahari gurun.

Kemegahan Superlatif
Saking tingginya Burj Khalifa, mungkin hanya gedung ini satu-satunya yang memiliki tiga waktu buka puasa, Travel Mates. Pertama, waktu buka puasa normal sesuai dengan yang berlaku di Dubai, yaitu untuk lantai dasar sampai lantai 80. Kedua, dari lantai 81 sampai lantai 150, akan ada penambahan waktu 2 menit. Dan ketiga dari lantai 151 ke atas, penambahan waktunya sampai tiga menit dari waktu buka puasa normal, seperti yang ada di lantai dasar.
Mengapa bisa sampai tiga waktu? Karena setiap ketinggian bertama 100 meter, Travel Mates. Waktu magrib pun juga bertambah 1 menit. Dalam posisi yang semakin tinggi, maka ufuk akan terlihat semakin rendah.

Film-film Hollywood
Keindahan dan kemegahan gedung Burj Khalifa juga mengundang perhatian para penulis skenario dan sutradara film "Mission Impossible—Ghost Protocol". Atas kekaguman mereka terhadap gedung tertinggi ini, diselipkan scene adegan Tom Cruise yang berakrobatik dan beraksi melompati gedung Burj Khalifa. Bahkan tanpa peran pengganti lho, Travel Mates. Aksi teatrikan yang dilakukan dari ketinggian 828 meter tersebut berhasil dan lancar dilakukan oleh Tom Cruise. 

Manusia "Spiderman"
Tidak hanya Tom Cruise, ada juga orang-orang yang ingin menjajal adrenalin di gedung Burj Khalifa ini. Seperti pemanjat tebing asal Prancis, atau biasa disebut sebagai manusia "Spiderman" yang bernama Alain Robert. Pria yang berusia 48 ini ingin menocoba langsung ketinggian gedung tertinggi tersebut. Selama enam jam lebih Alain Robert menyusuri dinding gedung Burj Khalifa, akhirnya ia membuktikan kehebatannya berhasil memanjat Burj Khalifa sebagai gedung tertinggi di dunia. Tentu pengelaman tersebut menjadi sebuah petualangan yang tidak akan dilupakannya.


Itu dia dari sekian banyak kehebatan, kemegahan, kemajuan, sampai hal-hal 'gila'yang ada di gedung Burj Khalifa. Kabarnya Uni Emirat Arab selain ingin membuat gedung tertinggi di dunia, mereka juga ingin membaut gunung buatan lho, Travel Mates. Menurut kamu bakal berhasil atau nggak, ya? Namun apapun itu, Uni Emirat Arab rasanya cocok memiliki predikat sebagai negara yang 'luar biasa!'. Setuju, Travel Mates.

Sebarkan Artikel