4 Wisata Ramadhan di Istanbul yang Wajib Dikunjungi
24-05-2018
HIS Travel
4 Wisata Ramadhan di Istanbul yang Wajib Dikunjungi
City Travel
Sebarkan Artikel

Istanbul adalah salah satu kota di Turki yang memiliki banyak sekali tempat wisata dan spot menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda yang mungkin sebentar lagi ingin berlibur ke luar negeri dan mungkin saja masih bingung ingin pergi liburan kemana maka kami sarankan agar Anda memilih untuk liburan di Turki saja terutama di kota Istanbul. Bagi Anda yang beragama Muslim dan mungkin saja ingin mengunujungi beberapa tempat wisata yang berbau islami maka kami sarankan supaya Anda mengunjungi Istanbul pada bulan ramadhan. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan infromasi penting kepada Anda mengenai wisata ramadhan di Istanbul yang wajib dikunjungi. Tak usah menunggu lama ya, berikut ini adalah infromasi lengkapnya untuk Anda :

1. Masjid Eyup Sultan

image source : https://www.makalius.lt

Istanbul memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Di Bulan Ramadhan ini tentu saja kita harus semakin mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa, oleh karena itu untuk semakin meningkatkan hubungan kita dengan Sang pencipta maka kami sarankan supaya Anda mengunnjungi beberapa tempat wisata religi selama ramdahan di Turki. Salah satu destinasi wisata bulan Ramadhan yang bisa Anda kunjungi di Istanbul adalah Masjid Eyup Sultan. Masjid Eyup Sylatan ini berada di Eyup, salah satu district yang ada di Istanbul. Masjid ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan muslim dari berbagai negara karena terkenal dengan arsitekturnya yang indah dan juga menarik. Masjid Eyup Sultan ini adalah masjid yang dibangun oleh perintah seorang tokoh Islam penting dalam sejarah Istanbul yaitu Ottoman Sultan Mehmed pada tahun 1458. Masjid ini digadang-gadang sebagai masjid tertua di Istanbul dan menjadi masjid paling penting dan dijaga di Turki. Bagi Anda yang akan pergi ke Turki namun masih bingung ingin pergi kemana, yuk mampir ke Masjid Eyup Sultan untuk beribdah sekaligus berwisata!

2. The Blue Mosque

image source : https://www.flickr.com

Wisata ramadhan di Istanbul yang kedua adalah The Blue Mosque. Masjid ini dinamakan sebagai masjid biru karena memuliki arsitektur dominan berwarna biru yang unik dan sangat menakjubkan. Bagi Anda yang akan pergi ke Turki selama bulan Ramadhan maka kami menyarankan supaya Anda mengunjungi The Blue Mosque dan memasukkan masjid ini ke dalam list lokasi yang wajib dikunjungi di Istanbul. Masjid yang unik dan kaya akan nilai sejarah ini terletak di Sultanahmet yang merupakan salah satu daerah bersejarah yang ada di Istabul. Terutama ketika bulan Ramadhan, suasana ramadhan akan sangat kental dan terasa di masjid berarsitektur unik ini. Karena pada bulan puasa biasanya masyarakat muslim akan berkumpul bersama untuk ngabuburit dan akan buka puasa bersama di halaman masjid. The Blue Mosque ini terletak tepat di seberang Hagia Sophia, salah satu bangunan bersejarah yang memiliki arsitketur Bizantium terbaik dan terindah di dunia. The Blue Mosque ini adalah salah satu masjid dengan arsitektur terindah di Turki, bahkan ubin keramik yang ada di The Blue Mosque ini diproduksi langsung oleh pengrajin dari Iznik yang terkenal dengan pola ubin keramiknya yang indah dan rumit. Tertarik untuk mengunjungi masjid ini?

3. The Hirka-I Serif / Holy Cloak

image source : http://www.worldbulletin.net

Selanjutnya, Anda bisa melihat secara langsung jubah yang dikenakan oleh Nabi Muhammad SAW. Jubah ini disebut sebagai jubah yang suci karena yang menggunakan adalah Nabi Muhammad SAW, disebut sebagai Hirka-i-Serif yang kemudian dibawa ke Kota Istanbul pada sekitar abad 17 saat Ottaman Sultan Ahmed I memerintah Turki saat itu. Karena ini merupakan jubah yang sangat suci dan pernah digunakan  oleh Nabi Muhammad, setiap tahunnya terutama selama bulan Ramadhan. Jubah yang suci dan dilindungi ini akan dipamerkan kepada masyarakat umum denngan memajangnya di Masjid Hirka-i-Serif yang ada di Istanbul. Tradisi ini bahkan masih dipertahankan hingga saat ini. Pemajangan jubah suci itu selalu menarik perhatian para wisatawan muslim dari berbagai negara dunia.  Jadi jika Anda ingin melihat secara langsung mengenai jubah dari Nabi Muhammad SAW maka tidak ada salahnya untuk melihatnya di Masjid-i-Serif  ya. Banyak sekali wisatawan muslim yang berkunjung karena ingin secara langsung melihatnya.

4. Masjid Rustem Pasha

image source : https://istanbultourstudio.com

Jika Anda ingin berwisata religi di kota Istanbul Turki maka kami sarankan untuk mengunjungi Masjid Rustem Pasha yang ada di kota Istanbul. Masih sama seperti masjid yang sudah kita bahas tadi, masjid ini adalah salah satu bukti dari indahnya dan megahnya aristektur di masa kejaayaan Ottoman. Masjid ini unik dan bisa menjadi salah satu destinasi wisata selama bulan Ramadhan Anda. Masjid ini sangat unik karena struktur bangunannya bentuk segi 8 dan dihiasi dengan keramik yang dihasilkan oleh pengrajin Iznik yang terkenal sangat unik dan juga rumit. Sesuai namanya, masjid ini dibangun oleh Rustem Pasha yang merupakan menantu dari Sultan Suleyman asal Bosnia. Karena ia sempat berada di puncak kejayaan, dirinya tidak boleh membangun masjid yang lebih megah atau besar dari masjid yang dibangun oleh sultan sebelumnya. Sehingga ukuran masjid Rustem Pasha tidak sebesar masjid lainnya.

Nah itu dia beberapa infromasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai wisata ramadhan di Istanbul. Jika Anda merasa bingung ingin pergi ke mana selama bulan ramadhan maka kami menyarankan agar Anda pergi ke wisata religi yang sudah kami sebutkan di atas tadi ya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua, jika ingin pergi ke Turki dengan paket yang murah maka gunaklanlah jasa HIS Travel Indonesia!

Sebarkan Artikel