Wisata Street Art Mural Village di China
22-10-2018
HIS Travel
Wisata Street Art Mural Village di China
City Travel
Sebarkan Artikel

Tidak ingin kalah dengan negeri tetangga, Korea Selatan, kini China mulai menunjukkan sisi seni modern  yang ditampilkan dalam bentuk street art, atau yang biasa disebut Mural Village.

Street Art merupakan salah satu cara mempercantik kota dengan menggunakan seni mural yang cerah dan gambar yang unik. Banyak  seniman china mulai mempraktikan gaya seni ini, baik itu di pemukiman padat penduduk maupun sudut-sudut kota. Hal ini juga menjadi salah satu cara ampuh untuk menarik wisatawan ke daerah tertentu atau desa agar memberikan nuansa tersendiri untuk liburanmu.

Tidak hanya seniman lokal China, bahkan pemerintah daerah juga turut menerjunkan para seniman dunia untuk membuat kualitas gambar yang indah. 
Berikut ini beberapa desa murah yang terkenal di China.

Hua Quan Village

image source : http://www.artweekenders.com

Tahun 2017 merupakan tahun dibukanya projek seni dan budaya yang berpusat di Desa Hua Quan yang terletak di daerah Jiangxi, China. Dengan pemandangan alam yang indah, unsur seni yang ditanam di desa ini membuat desa Hua Quan terlihat semakin memukau.

Hua Quan mendirikan hingga 100 galeri seni, studio dan toko. Selain itu juga kamu akan menemukan 4 museum dan pertunjukan mural. Tentu saja highlight dari desa ini adalah "Miracle Project", yaitu street art yang tersebar di jalanan desa.

image source : http://www.artweekenders.com

Miracle Project berlangsung selama 3 tahun, dengan mengundang seniman mural dari berbagai negara, tidak hanya seniman China. Total mural yang ada di desa ini mencapai 100 lukisan mural yang tersebar di penjuru Hua Quan Village

Lijiang Mural Village

image source : https://www.topchinatravel.com

Arsitektur kota tua ditambah seni mural? Membayangkannya saja kamu sudah tahu kan, perpaduan unik ini menjadi hal yang tidak boleh kamu lewatkan! Lijiang Mural Village yang terletak di Kota Tua Baisha, Yunnan.

image source : https://www.easytourchina.com

Mural yang terdapat disini bukanlah karya kontemporer para seniman jalanan, melainkan karya seni yang sudah dibuat sejak bangunan ini berdiri, sekitar era Dinasti Ming (1368 - 1644) hingga awal Dinasti Qing (1644 - 1911). Tema lukisan yang ada di sini menggambarkan unsur keagamaan sepeti Buddhism, Lamaism, Daoism dan Agama Naxi Dongba. Unik dan penuh dengan sejarah, itulah yang akan kamu temukan ketika mengunjungi desa ini.

Huizhou Village

image source : https://news.cgtn.com

Perkampungan yang berlokasi di Huizhou, Provinsi Guangdong ini merubah desanya menjadi penuh dengan nuansa seni yang cocok sebagai destinasi wisata para turis dengan menambahkan seni mural yang indah. Meskipun belum seterkenal 2 desa di atas, tempat ini bisa menjadi destinasi tambahan apabila kamu sedang menuju Guangdon

Sebarkan Artikel