Wisata Street Art Mural Village di Korea
19-09-2018
HIS Travel
Wisata Street Art Mural Village di Korea
City Travel
Sebarkan Artikel

Wisata tidak melulu ke pusat kota. Karena nyatanya, pergi ke ujung kota ataupun desa juga bisa memberikan warna tersendiri untuk liburanmu. Korea semakin menarik mata wisatawan tidak hanya melalui k-pop nya yang menawan, tetapi juga seninya.

Street Art merupakan salah satu cara mempercantik kota dengan menggunakan seni mural yang cerah dan gambar yang unik. Banyak  seniman korea mulai mempraktikan gaya seni ini, baik itu di pemukiman padat penduduk maupun sudut-sudut kota. Karena gayanya yang unik, mural kini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pariwisata di suatu daerah.

Berikut ini beberapa desa mural yang terkenal di Korea Selatan :

Jeonju Jaman Village, Jeonju

Image by Rebecca Milner / Lonely Planet

Kampung Jaman merupakan salah satu destinasi wisata populer di Jeonju selain Kampung Hanok. Kampung ini terletak di antara bukit Omokdae dan Imokdae di sepanjang kaki Gunung Jungbawi di Pegunungan Seungamsan. 

Meski cukup curam untuk mengelilingi kampung ini karena lokasinya yang berada di atas bukit, pengunjung akan bisa terhibur untuk menikmati mural warna-warni yang dilukis pada bangunan dan dinding di sepanjang jalan. Sama seperti di kampung mural lainnya, di sini juga terdapat art gallery serta kafe yang menarik.

Songwol-dong Fairytale Village, Incheon

Image by Trent Holden / Lonely Planet

Sedikit berbeda dengan kampung mural yang lain, Songwol-dong Fairy Tale Village merupakan sebuah permukiman yang bertemakan dunia fantasi dari berbagai negara. Di sini kamu akan banyak menemukan mural putri, kastil, tokoh dari buku anak-anak terkenal, dan binatang-binatang dari dongeng atau film terkenal. 

Image by Trent Holden / Lonely Planet

Lukisan yang cantik dengan warna yang cerah menambah daya tarik pengunjung khususnya bagi anak-anak. Pengunjung serasa terbawa ke negeri dongeng, mengunjungi Songwol-dong bisa menjadi pengalaman menarik yang tidak bisa dilewatkan ketika berada di Korea Selatan khususnya di Incheon.

Ihwa Maeul, Seoul

image source : https://thesoulofseoul.net/

Seoul merupakan kota dengan seni jalanan (street art) yang banyak dilirik wisatawan. Salah satunya ada di desa Ihwa atau disebut juga Ihwa-Dong, Korea Selatan. Ihwa-Dong merupakan area kecil di daerah dekat Daehangro dan lokasinya berdekatan dengan puncak Naksan (Gunung Nakta).

Kawasan ini ditandai dengan adanya tangga-tangga kecil yang curam dan tinggi yang menghubungkannya dari jalan utama ke gang-gang kecil yang dikelilingi rumah-rumah tua penduduk yang ukurannya kecil-kecil. Selain itu juga merupakan kawasan pemukiman padat penduduk dimana pengaturan jarak antara rumah yang satu dengan lainnya cukup rapat.

Haenggung-dong Mural Village & Jidong, Suwon

Suwon merupakan salah satu kota di Korea yang memiliki banyak keunikan. Lokasinya tidak begitu jauh dari ibukota, hanya berjarak sekitar 1 jam perjalanan. Desa ini bahkan telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO. 

image source : http://www.weegypsygirl.com

Street art yang ada di  jalanan di Haenggung-dong Mural Village di Suwon merupakan kerja sama antara muralist lokal dan internasional. Mereka mengerjakan semua bagian di kawasan ini, tidak terkecuali rumah cenayang atau shaman, motel, dan rumah-rumah tua. 

Gamcheon Culture Village, Busan

image source : https://www.lovelysmiletour.com/

Kampung yang mendapat julukan sebagai "Santorini of South Korea" adalah perkampungan warna-warni yang menjadi salah satu wisata seni terkenal di Korea Selatan, tepatnya di Busan. 

Hal unik dari tempat ini adalah ratusan rumah penduduk yang dicat warna-warni. Tidak hanya itu, di Gamcheon Culture Village ini juga terdapat beberapa museum seni, galeri seni, mural art serta patung-patung unik yang dapat ditemukan di banyak tempat dan sudut bangunan

Sebarkan Artikel