Yuk Kenali Jenis-Jenis Teh di Jepang!
18-06-2019
HIS Travel
Yuk Kenali Jenis-Jenis Teh di Jepang!
Jepang
Sebarkan Artikel

Apa sih yang terkenal dari Jepang? Minuman apa yang terlintas di benak travel mates ketika travel mates diberi kata Jepagn? Pasti yang terpikirkan di benak travel mates adalah teh bukan? Jepang adalah salah satu negara yang memiliki berbagai macam jenis teh atau yang dikenal sebagai ocha. Nah bagi travel mates yang mungkin berencana untuk berlibur ke Negeri Sakura Jepang itu, kami sarankan supaya travel mates mulai saat ini mengenal terlebih dahulu apa saja sih jenis-jenis ocha yang ada di Jepang sehingga bisa mengetahuinya langsung begitu berada di Jepang. Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Sencha

Gambar terkait

image source : greenvalleyspices.com

Yang pertama kita akan membahas mengenai Sencha yang merupakan salah satu jenis teh hijau Jepang. Teh hijau ini adalah salah satu jenis teh yang paling banyak dijumpai di negeri Sakura ini. Sencha merupakan salah satu jenis teh yang paling umum di Jepang, dibuat dari daun teh yang segar yang baru saja dipetik lalu dipanaskan dengan cara dikukus maupun direbus sehingga menghentikan proses fermentasi. Selain Sencha, terdapat ocha yang mirip dengan Sencha yaitu bernama Gyokuro. Teh ini dibuat dengan melindungi tunas daun teh dari sinar matahari sehingga rasa asamnya atau astringentnya berkurang dan bisa menghasilkan gurih atau umami yang cukup kuat. Sudah mengenal Sencha dan Gyokuro?

2.  Matcha

Hasil gambar untuk matcha tea

image source : Food Revolution Network

Jenis teh yang kedua ini sudah dikenali banyak sekali orang, bahkan mungkin travel mates pun merupakan salah satu penggemarnya. Jenis teh atau ocha itu adalah Mactha! Matcha adalah salah satu jenis teh hijau, yang mana proses pembuatannya ini dari daun teh yang baru saja dipetik lalu proses selanjutnya adalah dikeringkan kemudian digiling menggunakan gerinda hingga menjadi bubuk. Mungkin jika jenis teh atau ocha yang lainnya terlihat jernih ya, namu matcha ini tidaklah jernih. Biasanya orang Jepang mengkonsumsi matcha ini saat upacara tradisional minum the atau chanoyu karena matcha punya aroma segar daun teh yang khas. Sekarang ini matcha sudah dimanfaatkan menjadi berbagai macam rasa untuk es krim, coklat, minuman, dan lainnya.

3. Hojicha

Hasil gambar untuk hojicha tea

image source : Yunomi Tea

Jenis teh ketiga yang harus travel mates ketahui adalah Hojicha. Jenis teh yang satu ini hampir sama seperti Sencha yang sudah kita bahas di atas tadi. Namun bedanya, teh ini dipanaskan menggunakan suhu yang tinggi sehingga meninggalkan aroma. Karena diproses menggunakan suhu yang tinggi maka rasa pahit dan juga asam yang ada pada teh ini hampir tidak terasa. Teh Hojicha ini berbeda dengan jenis teh lainnya karena rasanya sangatlah jernih. Ingin mencobanya?

4. Genmaicha

Hasil gambar untuk genmaicha tea

image source : Perfect South

Lalu jenis the keempat yang harus travel mates pelajari dan ketahui adalah Genmaicha. Jenis teh ini sebenarnya adalah kombinasi dari teh atau ocha Sencha dengan beras merah panggang yang sebelumnya direndam dengan air. Oleh karena itu mengapa kita bisa mencium aroma beras merah yang cukup kuat ketika minum Genmaicha ini. Tenang saja, bagi yang tidak bisa minum kafein banyak-banyak. Karena kandungan teh yang ada di dalam Genmaicha ini sedikit maka kafein yang dihasilkan juga sedikit ya!

5. Kobucha

Hasil gambar untuk kombucha tea japan

image source : Healthy Habits

Jika teh pasti terbuat dari daun teh bukan? Di Jepang ada juga beragam jenis teh yang tidak terbuat dari daun teh. Salah satunya adalah Kobucha ini, Kobucha merupakan minuman yang menyerupai teh yang terbuat dari laminaria dan juga kelp kering yang diiris tipis atau halus kemudian dijadikan bubuk dan diseduh. Ciri khas dari Kobucha ini adalah memiliki rasa yang asin namun sedikit samar. Hmm, sepertinya memiliki rasa yang unik ya?

6. Teh Barley

Hasil gambar untuk barley tea japan

image source : Wikipedia

Selain Kobucha, jenis teh selanjutnya yang tidak menggunakan daun teh sebagai bahannya adalah Teh Barley. Teh ini merupakan olahan minuman yang merupakan olahan dari Biji Barley atau Jelai (sejenis gandum) yang dipanggang terlebih dahulu kemudian selanjutnya diekstrak. Teh ini tidak mengandung kafein ya, biasaya Teh atau ocha Barley ini dijadikan sebagai salah satu minuman pendingin saat musim panas tiba.

Nah sekarang travel mates tahu kan jenis-jenis teh atau ocha yang biasa ada di Jepang. Sekarang sudah tidak bingung lagi kan membedakan teh yang ada di Jepang? Jika ingin mencicipinya maka travel mates bisa memilih untuk berlibur bersama HIS Travel Indonesia. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi travel mates semuanya!

Sebarkan Artikel