Indonesia | Jakarta

Blog thumbnail

5 Destinasi Musim Panas yang Memukau di Tohoku

5 Destinasi Musim Panas yang Memukau di Tohoku

Blog thumbnail

Tohoku merupakan Region yang berada di ujung utara pulau Honshu, Jepang,  terdiri dari 6 Prefektur. Menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan asri, wilayah ini seperti surga bagi petualang dan pecinta alam. Setiap musim memiliki pesonanya tersendiri, sehingga kapanpun Kamu berkunjung, Kamu akan selalu disuguhkan pemandangan yang indah dengan warna-warni yang khas dari 4 musim. Mari kita jelajahi keindahan alam dan membuat momen berharga hingga menjadi kenangan yang tak terlupakan. Simak 5 Destinasi Musim Panas yang Memukau di Tohoku berikut ini !

Fukushima – Banetsu Monogatari Train

Prefektur Fukushima terletak di ujung selatan Tohoku. Kira-kira   1 jam 30 menit dari Tokyo menggunakan Shinkansen melalui JR Line. Prefektur menyuguhkan  alam, warisan budaya, dan pengalaman yang tak terlupakan. Salah satu yang wajib Kamu coba adalah SL Banetsu Monogatari Train.

JR Fukushima Tohoku

Awalnya kereta lokomotif uap C57 180 dibuat pada tahun 1946, kereta ini dijuluki Kifujin (貴婦人: Perempuan Bangsawan) karena penampilannya yang anggun. Meskipun sempat dinonaktifkan, kereta ini kembali beroperasi pada tahun 1999 berkat permintaan yang tinggi dari masyarakat. Dengan nama baru SL Banetsu Monogatari, lokomotif C57 180 ini beroperasi di Jalur JR Banetsu west line (磐越西線 Banetsu-sai-sen). Jalur ini membentang antara Stasiun JR Aizu-Wakamatsu (会津若松駅) di Prefektur Fukushima hingga Stasiun JR Niitsu (新津駅) di Prefektur Niigata. Panjangnya mencapai 111 km, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 30 menit.

Banetsu Monogatari Train akan memberikan Kamu sebuah perjalanan yang menyuguhkan nostalgia; sebuah petualangan melintasi pedesaan yang indah dengan sungai yang mengalir dengan latar belakang pegunungan. Sungguh sebuah perjalanan yang memanjakan mata.

Informasi :

Alamat

Fukushima (Aizuwakamatsu station) / Niigata (Niitsu Station)

Operasional

Keberangkatan dari  Niitsu(Niigata):  10:03
Keberangkatan dari Aizu Wakamatsu(Fukushima): 15:27

*Silahkan cek website resmi JR East untuk jadwal terkini

Tarif

JPY 1,980 (tarif dasar) + JPY 840 (biaya reservasi kursi) = JPY 2.820

Akses

Fukushima :
Tokyo Station → Koriyama Station by Tohoku Shinkansen (1 jam 20 menit)
Koriyama Station → Aizu Wakamatsu by JR Banetsu West Line (65 menit)
Total : memerlukan waktu sekitar 2 jam 25 menit.  

Niigata :
Tokyo Station → Niigata Station by Joetsu Shinkansen (1 jam 50 menit)
Niigata Station → Niitsu Station by JR Shinetsu Line ( 15 menit)
Total : memerlukan waktu sekitar 2 jam 5 menit  

Note :
Kereta ini beroperasi terutama pada akhir pekan dan hari libur nasional antara bulan April dan November, tiket reservasi diperlukan sebelumnya.


Goshikinuma

Selain Banetsu Monogatari Train, yang harus Kamu kunjungi di Prefektur Fukushima pada musim panas adalah Goshikinuma. Kira-kira memerlukan waktu 3 jam perjalanan dari Tokyo.

Goshikinuma, Prefektur Fukushima, Tohoku

Goshikinuma (五色沼) secara harfiah berarti “lima danau berwarna”. Danau ini muncul sebagai sebuah akibat dari meletusnya Gunung Bandai pada tahun 1888. Longsor bebatuannya menghalangi aliran sungai dan hal ini menyebabkan pembentukan danau di daerah ini. Serangkaian danau yang terdiri dari elemen dan mineral vulkanik hasil dari letusan Gunung Bandai yang bercampur dengan perairan kolam, dan rawa-rawa menghasilkan warna-warni yang indah dan khas pada setiap danau.  Secara resmi dikenal sebagai Goshikinuma dan dianugerahi bintang satu dalam Michelin Green Guide pada tahun 2016.

Sebenarnya danau ini terdiri dari lebih dari lima danau termasuk Bishamon-numa, Aka-numa, Midoro-numa, Tatsu-numa, Benten-numa, Ruri-numa, Ao-numa, dan Yanagi-numa. Setiap danau memiliki keindahan dan warna yang khas tersendiri seperti hijau zamrud, biru kobalt, biru pirus, biru zamrud, biru pastel, dan akan berubah seiring berjalannya waktu dan perubahan musim. Khususnya Aonuma yang memiliki warna begitu indah sehingga tidak dianggap sebagai sesuatu yang diciptakan oleh Alam. karena warna-warni yang terpancar indah inilah Goshikinuma pun dijuluki “Danau Misterius”.

Terdapat sebuah jalur trekking sepanjang 4 kilometer yang menyatukan delapan danau dengan warna-warni yang memukau, mempermudah pengunjung untuk menelusuri dan menikmati pemandangan seutuhnya hanya dalam 1 jam 10 menit ~ 1 jam 30 menit. Salah satu kegiatan yang populer adalah menyewa perahu dayung di Danau Bishamon-numa yang merupakan danau terbesar dimana Kamu dapat menyaksikan keindahan ikan koi berwarna-warni yang berenang di air yang tenang. Keseluruhan area dipenuhi dengan hamparan bunga liar yang mekar dan pepohonan tua berlumut, menciptakan suasana yang memanjakan mata.

Informasi :

Alamat

Kengamine, Hibara, Kita-Shiobara, Yama Gun, Prefektur Fukushima

Tarif

Gratis. Kecuali sewa perahu : JPY 300/30 menit

Akses

Tokyo Station → Koriyama Station by Tohoku Shinkansen (1 jam 20 menit)
Koriyama Station → Inawashiro Station by JR Banetsu West Line (30~45 menit)
Inawashiro Station → Pintu masuk Goshikinuma by Bus (30 menit)

Total : memerlukan waktu sekitar 2 jam 40 menit.  


Miyagi – Yamamoto Flower Garden

Ibu kota Prefektur Miyagi adalah Sendai. Kira-kira memerlukan waktu 1 jam 30 menit. Perjalanan menggunakan Shinkansen dari Tokyo Station. Salah satu destinasi yang wajib Kamu kunjungi untuk menikmati musim panas adalah Yamamoto Flower Garden: sebuah surga untuk para pecinta bunga matahari!

Pernahkah Kamu membayangkan berada di tengah lautan bunga matahari yang luas dan mekar sempurna? Bayangkan hamparan kuning cerah yang membentang sejauh mata memandang, dihiasi dengan kelopak bunga yang melambai tertiup semilir angin. Jika Kamu sedang mencari destinasi wisata yang indah dan Instagramable di musim panas, Yamamoto Flower Garden adalah salah satu jawabannya!

Yamamoto Flower Garden atau Himawari no Oka (ひまわりの丘) terletak di kota Osaki, Prefektur Miyagi, Jepang. ini merupakan salah satu taman bunga terbesar dimana Kamu dapat menikmati hamparan bunga matahari yang memesona. Sekitar 420.000 kuntum bunga matahari yang bermekaran di atas area seluas 6 hektar.

Bunga matahari adalah simbol keceriaan, kehangatan dan keindahan musim panas. perjalanan ke Yamamoto Flower Garden adalah lebih dari sekadar perjalanan wisata biasa. Ini adalah kesempatan untuk menyatu dengan alam, menikmati keindahan musim panas, dan memperkaya jiwa dengan keceriaan yang tak terlupakan.

Jadi, jika Kamu mencari pengalaman yang menginspirasi dan memukau untuk mengisi liburan musim panas, jangan ragu untuk menyertakan Yamamoto Flower Garden dalam daftar destinasi wisata Kamu!

Informasi :

Alamat

Magishi Sanbongi Saida, Osaki, Miyagi-ken 989-6314

Operasional

09:00 ~ 17:00

Rekomendasi Kunjungan

Juli Akhir ~ Pertengahan Agustus

Tarif

Gratis

Akses

Tokyo Station → Furukawa Station by Tohoku Shinkansen (1 jam 50 menit)
Dilanjut 30 menit dengan bus dari Furukawa Station turun di Sanbongi Otonashi.
Total : memerlukan waktu sekitar 2 jam 20 menit


Akita – Unshoji Temple

Prefektur Akita juga tidak kalah dari Prefektur lainnya yang ada di Region Tohoku. Menyuguhkan keindahan alam dan pengalaman yang takkan terlupakan. Salah satu yang wajib Kamu kunjungi untuk menikmati musim panas adalah Unshoji Temple yang terkenal dengan bunga hydrangea yang berwarna biru.

Suatu malam di Unshoji Temple, Tuan Shuun Konaka yang menjabat sebagai wakil kepala pendeta terpesona oleh keindahan sebatang bunga hydrangea yang tumbuh di halaman Temple. Rasa cinta mendorongnya untuk mengembangkan lebih dari 1.500 tanaman hydrangea dengan teknik budidaya stek.

Selain merawat hydrangea dengan penuh kasih sayang selama bertahun-tahun, beliau juga mengembangkan teknik unik yang memungkinkan tumbuh lebih banyak daripada hydrangea biasa, sehingga ketika mekar penuh, seluruh area ditutupi oleh warna biru.

Bunga hydrangea yang merekah anggun dengan warna birunya seperti karpet ditambah dengan latar belakang kota pelabuhan Kitaura dan Oga, menciptakan pemandangan yang indah dan memanjakan mata.

Kamu bisa menyaksikan bunga yang merekah sempurna pada pertengahan juni hingga awal juli. puncak keindahannya pada akhir juni. Kamu dapat menikmati pemandangan ini baik siang maupun malam.

Informasi :

Alamat

57 Kitaura, Kitaura Kitaura, Oga City

Operasional

Siang hari : 09:00 ~ 17:00 (Pendaftaran terakhir 16:30)
Malam hari (illumination) : 18:45 ~ 21:30 (Pendaftaran terakhir 21:00)

Tarif

◇ Siang Hari JPY 500
(JPY 200 biaya masuk + JPY 300 biaya masuk khusus selama musim hydrangea)

◇ Malam Hari JPY 700

(JPY 200 biaya masuk + JPY 500 biaya masuk khusus malam hari)

*Gratis untuk siswa SMP ke bawah
*Biaya siang dan malam hari dikenakan secara terpisah
*Harga untuk group tour tetap sama (tidak ada diskon)
*Biaya masuk adalah JPY 200, kecuali selama musim hydrangea.  

Akses

Tokyo Station → Akita Station by Akita Shinkansen (3 jam 42 menit) 
Akita Station → Hadachi Station by JR Ou Line ​​dan Oga Line​ (50 menit) 
Kemudian dilanjut 30 menit dengan Namahage Shuttle, Taksi dari Hadachi Station 
Total : memerlukan waktu sekitar 5 jam 

*Taksi yang digunakan adalah taksi dengan jadwal yang sudah di tentukan dan memerlukan
reservasi 1 hari sebelumnya. Jika ada penumpang lain yang melakukan reservasi pada hari yang sama, maka akan berbagi taksi dengan penumpang tersebut. 

Note : 
berdasarkan informasi dari Website resmi https://oganavi.com/ajisai/ menyatakan bahwa dampak gelombang panas yang terjadi pada tahun 2023 telah memengaruhi waktu mekarnya bunga hydrangea, sehingga belum ada informasi yang pasti mengenai rekomendasi kapan waktu kunjungan yang tepat untuk melihat bunga hydrangea saat ini. Silahkan cek secara berkala pada website resminya untuk update terbaru. 


Iwate – Michinoku Hydrangea Garden 

Ibu kota Prefektur Iwate adalah Morioka. Kira-kira memerlukan waktu 2 jam 12 menit dari tokyo menggunakan Tohoku Shinkansen. menyuguhkan budaya tradisional dan keindahan alam yang anggun. Salah satu yang akan menjadi highlight kali ini adalah Michinoku Hydrangea Garden. 

Michinoku Hydrangea Garden adalah taman bunga hydrangea terbesar di Jepang. Sekitar 40.000 bunga hydrangea yang mekar dan memiliki 400 jenis dengan berbagai bentuk dan warna. Pengunjung dapat menikmati pengalaman melihat bunga hydrangea secara penuh di sepanjang jalur pejalan kaki seluas 2 kilometer. bayangkanlah Kamu berjalan dengan sejauh mata memandang adalah bunga hydrangea, bertemankan angin sepoi-sepoi yang bahkan membuat pepohonan menari begitu ceria. sungguh sebuah pemandangan indah yang menjadikan momen yang berharga dan takkan terlupakan. jangan lupa untuk menambahkan destinasi wisata ini pada daftar tempat yang ingin Kamu kunjungi. 

Informasi :

Alamat

111 Maikawaharasawa, Kota Ichinoseki, Prefektur Iwate, Region Tohoku 

Operasional

08:00 ~ 17:00 (Pendaftaran terakhir 16:00) 
Jadwal Pemberangkatan dari stasiun Ichinoseki: 9:45, 13:00
Jadwal kembali dari water bus stop: 12:00, 16:00

Rekomendasi Kunjungan

Akhir juni 

Tarif

26 Juni – 5 Juli 2024 :  JPY 1.000 (Siswa SMA ke atas) 
06 Juli – 25 Juli 2024 :  JPY 1.300 (Siswa SMA ke atas)
Siswa SD : JPY 500 

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu, silahkan cek website secara berkala 

Akses

​​Tokyo Station → Ichinoseki Station by Tohoku Shinkansen (2 jam 33 menit)​

​​Ichinoseki Station → Mizukami by Bus (32 menit)​

Kemudian dilanjut berjalan kaki 15 – 20 menit. 

Total : memerlukan waktu sekitar 3 jam 25 menit 

Temukan rekomendasi destinasi lainnya pada laman resmi Prefektur Tohoku 

Untuk seputar informasi lainnya mengenai Tohoku kunjungi laman berikut

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− three = 5

Permintaan Proposal Jelajah Destinasi Virtual